Pages

Sunday, October 2, 2011

Cara bermain Ukulele

Sekedar mengingatkan saja supaya anda tidak lupa (atau bagi yang belum tahu), saya mempunyai teman yang bernama Mrs. Laura. Dia sudah 20 tahun mengajar sebagai guru musik Elementary School (baca: Sekolah Dasar). Dia memang sudah pensiun, tapi sekarang melatih untuk ekstrakulikuler musik di Elementary School Photobucket.
Dia meminta bantuan saya dalam melatih anak-anak yang ikut ekstrakulikuler ini. Tidak terlalu banyak sih, hanya 5-10 anak. Kalau tahun lalu saya diminta membantu melatih Recorder (bisa dibaca di: SINI), sekarang sudah ganti alat musik menjadi Ukulele Photobucket.
Ukulele mirip dengan gitar, hanya saja ukurannya lebih kecil dan lebih pendek. Senarnya juga hanya 4.
Walaupun saya bisa bermain gitar sejak dahulu, tapi saya belum pernah mencoba ukulele Photobucket .
Tapi sebenarnya kalau teman-teman sudah bisa main gitar, maka ukulele tidaklah terlalu sulit 113. Walaupun tangan saya besar, tapi saya bisa memainkannya:
Ini akor C ↑
Sedangkan yang ini, akor G7 ↑.
Dua akor itulah yang baru diajarkan Mrs. Laura kepada anak-anak. Untuk akor C, sepertinya tidak susah. Tapi untuk akor G7, anak-anak butuh sedikit usaha untuk belajarnya. Yang sulit mungkin adalah transisinya, belum semua bisa dengan lancar.
Tapi sekalipun baru bisa 2 akor, sudah bisa memainkan lagu lho Photobucket. Tadi mereka belajar 4 lagu Photobucket. Dan minggu depan, akor baru akan menanti. Apa kira-kira ya?

0 comments:

Post a Comment